Di awal tahun 2010 ini ada kesibukan baru yang sangat penting dan harus dilakukan oleh Serikat Pekerja KKBK.

Pada hari Jumat tanggal, 15 Januari 2010, jam 14.00, Pengurus SP-KKBK bersama Manajemen perusahaan BK menghadiri panggilan Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Madya Jakarta Timur, dalam rangka permasalahan   ” tidak konsistennya pihak perusahaan dalam melaksanakan PKB ( Perjanjian Kerja Bersama ) yang telah disepakati “.

Dari beberapa hal dalam masalah pelaksanaan PKB tersebut, yang sangat menonjol di  mata karyawan  adalah masalah gaji yang sedang berlaku saat ini yang masih belum disesuaikan dengan kesepakatan yang ada di dalam PKB.

Di situ terindikasi ada 2 (dua) pelanggaran oleh pihak perusahaan ;

1. Perusahaan tidak melaksanakan ketentuan PKB yang sudah ditandatangani bersama.

2. Karyawan telah kehilangan hak yang semestinya harus diterima sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam pertemuan Tanggal 15 Januari 2010 tersebut, oleh pihak Sudinakertrans Jakarta Timur sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku  pihak Perusahaan dan Serikat Pekerja di minta melakukan perundingan BIPARTIT lebih dulu .

Apa bila perundingan BIPARTIT tidak bisa menyelesaikan masalah , baru bisa diajukan perundingan TRIPARTIT dengan melibatkan instansi terkait yang berwenang.

Sampai saat ini Serikat Pekerja masih optimis bahwa masalah ini bisa terselesaikan dengan baik, pasalnya setelah PKB ditandatangani bersama tanggal 5 Mei 2009, Perusahaan telah melaksanakan RUPS ( Rapat Umum Pemegang Saham) pada bulan Juni 2009 yang hasilnya sangat menggembirakan karena RUPS telah memutuskan bahwa laba bersih setelah pajak tahun buku 2008 adalah sebesar 3,75 M.       

Arahan pemegang saham dalam RUPS tersebut diantaranya adalah Direksi diminta tetap mematuhi dan melaksanakan ketentuan dan  prosedur hukum secara sungguh sungguh.

PKB  2009-2011 yang telah ditandatangani bersama dan ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja DEPNAKERTRANS RI, Nomor 80/PHIJSK/PKKAD/2009 pada tanggal 17 Juli 2009 di Jakarta, adalah juga merupakan  ketentuan yang secara prosedur hukum harus dilaksanakan.

Yang harus dihindari dalam BIPARTIT yang akan dilaksanakan  pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2010 nanti, adalah kegagalan perundingan yang akhirnya harus dilanjutkan ke tingkat TRIPARTIT.

Karena sebagai pihak yang diputuskan salah dalam TRIPARTIT nanti harus siap menanggung resiko secara hukum dan ketentuan yang berlaku.  

Insya Allah masalah ini bisa segera terselesaikan, sehingga karyawan bisa menerima hak nya sesuai ketentuan yang berlaku.

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

One response »

  1. SAUT BOANGMANALU mengatakan:

    Terimakasih informasinya. Kunjungi juga semua tentang Pakpak di GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s