Esuk dele sore tempe ( pagi kedelai sore tempe ) adalah ungkapan dalam bahasa jawa yang sering digunakan untuk mengumpamakan  sesuatu keputusan yang cepat berubah ( tidak konsisten ).

Pagi masih kedelai nggak sampai 12 jam ( sore ) sudah berubah jadi tempe.

Hasil kesepakatan  PKB ( pada hari Jumat , 1 Mei 2009 ) , ketika mau diserahkan ke Sudinakertrans Kotamadya Jakarta Timur ( pada hari Senin, 4 Mei 2009 )  tiba tiba ada permintaan pembahasan kembali  dari pihak perusahaan untuk  beberapa pasal yang semula telah disepakati. Padahal sebagian besar pasal pasal tersebut adalah bagian dari PKB lama yang telah disepakati tetap atau tidak diubah .

Akibatnya perundingan PKB  (Perjanjian Kerja Bersama)  yang semula sudah selesai, akan dilanjutkan  lagi guna  membahas pasal pasal tersebut.

Untuk menghindari terulangnya kesepakatan  yang terkesan mencla-mencle ini, perundingan akan  dimediasi pihak netral yang menguasai masalah Undang Undang Ketenagakerjaan agar tidak berlarut larut seperti perundingan PKB 3 (tiga) tahun sebelumnya.

Sebagai  penggemar tempe dalam menafsirkan kata kata ” esuk dele sore tempe ” jadinya akan lain, karena dari kedelai yang berubah menjadi tempe itu sebenarnya kualitasnya bertambah ……… nyatanya tempe rasanya lebih nikmat dibanding dengan kedelai.

Tetapi harus diperhatikan bahwa tempe harus segera diolah menjadi makanan, karena kalau tidak segera diolah ( terlalu lama ) maka tempe tersebut  akan berubah menjadi “tempe busuk”.

Kita masih percaya dan optimis bahwa dalam perundingan  kali ini tidak ada rencana pembusukan terhadap PKB yang pernah disepakati, namun semata mata memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari PKB tersebut.

Semoga dengan PKB periode 2009 – 2011 ini nanti, keseimbangan antara hak dan kewajiban karyawan  akan menambah kinerja yang ada, memajukan perusahaan serta meningkatkan kesejahteraan karyawan.

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

7 responses »

  1. budi mengatakan:

    esuk dele
    sore tempe
    bengi kangkung ….. tangi turu wetenge murus

    jangan gunakan kata tempe
    gunakanlah kata tahu …..
    biar semua jadi tahu …. alias tidak bodoh

  2. Nugroho WS mengatakan:

    Pentingnya PKB bagi pengusaha dan karyawan ini harus dipahami dengan benar.
    Sehingga saat dilakukan perundingan harus dilakukan dengan serius , konsisten dan penuh tanggung jawab.

    Menurut UU RI No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 129 ;

    Pengusaha dilarang mengganti perjanjian kerja bersama dengan peraturan perusahaan selama di perusahaan yang bersangkutan masih ada serikat pekerja / serikat buruh.

    Dalam hal di perusahaan tidak ada lagi serikat pekerja / serikat buruh dan perjanjian kerja bersama diganti dengan peraturan perusahaan, maka ketentuan yang ada dalam peraturan perusahaan tidak boleh lebih rendah dari ketentuan yang ada dalam perjanjian kerja bersama.

  3. Totok Wiranto mengatakan:

    Ya,…. semuanya harus bisa kita ambil segi positive (positive think), bahwa segala hal pasti ada sisi baik walaupun kecil skalipun. Perubahan yang terus menerus bisa jg diartikan dinamis, asal perubahan ke arah yang lebih baik.
    Salut buat KKBK

  4. bambang mengatakan:

    dele lebih baik daripada tempe
    bisa jadi tahu , tempe, susu , dll
    bisa ditanam lagi untuk jadi banyak kedelai

    gampang berubah arah (tidak konsisten) itu
    ,,,,,,,,, seperti keledai

  5. wiryanto mengatakan:

    Saya baca di blok ini isinya keluhan terus mas…katanya mau bangkrut malah dirongrong, malam makan peyek godril saja biar kenyang & kentutnya bauk

  6. Nugroho WS mengatakan:

    Kelanjutan pembahasan PKB yang dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2009, alhamdulilah telah FINAL.

  7. Dangstars mengatakan:

    Ok. Berjuanglah untuk kesejahteraan karyawan.Namun jangan ada yang merasa dirugikan.salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s