BOLOS  RAME RAME  SETELAH  LIBUR  LEBARAN

Hari ini adalah H minus 6 menjelang hari Lebaran 1 Syawal 1429 H.

Banyak orang yang sedang siap siap mau mudik lebaran, bahkan banyak juga yang sudah sampai kampung halaman.  Mereka rata rata libur sampai dengan akhir minggu pertama bulan Oktober 2008.

Ada yang harus masuk kerja tanggal 6 dan ada pula yang harus masuk kerja tanggal 8 Oktober, tergantung kebijakan libur bersama dari masing masing instansi tempat bekerjanya.

Lihatlah nanti pada hari pertama saat mereka harus masuk kerja . . . . . . .

Banyak yang belum masuk kerja    . . . . . alasan tidak dapet tiket  lah …… jalannya  macet lah ….. dan lain lain alasan klasik. Itung itung nambah sedikit dosa sebelum ber maaf-maafan.

Bolos rame rame setelah libur lebaran sepertinya sudah menjadi budaya untuk sebagian kecil dari masyarakat bangsa ini.

Kesempatan itu biasanya dimanfaatkan oleh para pejabat atau para bos yang disiplin atau yang pura pura disiplin untuk SIDAK  ( inspeksi mendadak ) pada hari pertama masuk kerja.

Maka besoknya maraklah berita tentang disiplin kerja ini di media dan muncullah nama nama pejabat yang menegakkan disiplin di hari pertama masuk kerja tersebut, muncullah daftar prosentase jumlah pegawai yang bolos, muncullah daftar kerugian negara / perusahaan akibat pegawai  bolos tersebut dan lain sebagainya.

Apakah disiplin itu ditegakkan cukup di hari pertama  saja ?

Apakah tradisi sidak di hari pertama tersebut bermanfaat ?

Sebenarnya  dengan perilaku pimpinan yang disiplin dengan memberi contoh anak buahnya masuk kerja tiap hari, sama saja dengan sidak tiap hari.

Walaupun yang melanggar disiplin itu belum tentu bawahan, namun menegakkan disiplin tetap harus dari atasan.

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

8 responses »

  1. andry mengatakan:

    Apaan sih ?? mBoh ???

  2. Nugroho WS mengatakan:

    Hari ini ( 16 Okt ’08 ) kepala biro SDM-ADM BK meluncurkan surat dgn perihal Disiplin Masuk Kerja yang ditujukan ke seluruh Kadiv dan Ka Biro / Unit dengan dilampiri daftar absen seluruh pegawai tetap untuk tgl 26 Sept ’08 dan tgl 8,9,10 Okt ’08 dengan tujuan agar diberikan teguran kepada karyawan yang Absen/Bolos pada hari hari tersebut.
    Surat yang ditembuskan ke direksi BK tersebut sudah resmi ditanggapi dengan positip oleh salah satu kadiv yaitu ; “disiplin masuk kerja harus di ikuti pula dengan disiplin oleh perusahaan dalam membayar hak hak karyawan ( gaji , THR , dll ) juga harus tepat waktu”.
    Belum ada tanggapan dari Ka Biro / Unit yang pada tanggal itu ternyata juga ikut Absen/Bolos.
    Semoga disiplin perusahaan dalam bayar gaji yang sering telat ini juga dapat tanggapan positip dari dewan direksi.

  3. Yulianto mengatakan:

    Biar SDM ada kegiatan pak, tapi yang lebih bagus sebetulnya membuat daftar yang nggabrul menerima tunjangan proyek dan daftar personil yang tidak bisa tertagih diproyek ( nitip nama ) & man month kebablasan, atau daftar yang pura2 sibuk & rajin cap jempol. atau daftar hitungan keterlambatan gaji, dan sekalian daftar proyek rugi ngaku untung untuk dilaporkan ke Direktur di cc kan: RT & RW.

  4. Nugroho WS mengatakan:

    Memang perilaku yang nggak bener di kantor kalau sampai diketahui tetangga RT/RW bisa membuat orang yang masih waras akan malu dan berusaha memperbaiki perilakunya, tapi untuk orang tertentu mendingan tinggal di rumah kontrak atau sekalian jadi RT/RW biar bisa sensor dulu surat yang masuk.

  5. Gunawan Nugroho mengatakan:

    Senin 20 Oktober 2008 kemarin Direksi Bina Karya keluarkan SK Struktur Organisasi yang baru , tapi anehnya tanpa SK Susunan Pejabat. Kayaknya organisasi baru ini akan membuat bertambahnya Mantan Pejabat di BK dan para Pejabat BK banyak yang stress takut kehilangan jabatan.
    Gitu aja kok stressssssss !!!!!!!!!!

  6. Nugroho WS mengatakan:

    Ini adalah salah satu cara untuk memantau para calon pejabatnya dulu ……….
    semakin erat pegang burung nya berarti loyalitas nya perlu dapat nilai tambah tersendiri ………

    Selamat berlomba jadi pejabat lagi …!!!!!!!

  7. Yulianto mengatakan:

    Gambar Blog mu avatarnya kok masih banyak lambang Gajah Modo pak ?? Hati-hati lho ??

  8. Nugroho WS mengatakan:

    P Yuli
    Aku memang cinta almamaterku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s