PERUSAHAAN WAJIB BAYAR  THR

 

Hari ini adalah Hari  H-8  menjelang LEBARAN tanggal 1 Syawal 1429 H.

Karyawan belum menerima THR ……. anehnya mereka banyak mengeluhkan masalah ini ke Pengurus SP, bukannya mengeluh  ke atasan langsungnya atau ke pihak manajemen yang memang tugasnya ngurusin THR  yang semestinya sesuai PKB harus dibayar sebelum Hari Raya ke agamaan para karyawan.

Telah dijelaskan ke pada mereka bahwa SP itu tugas dan kewajibannya tidak bagi bagi THR,  bahkan SP menghimbau pada mereka di bulan yang suci ini ……. banyak banyaklah memanjatkan doa agar perusahaan kita ini semakin membaik, Insya Allah tidak hanya THR saja tetapi gaji bulan ini berikut hak karyawan yang lainnya juga terbayar.

Secara lisan pengurus SP sudah mengingatkan masalah THR ini pada pihak direksi, bahkan saat acara buka bersama di kantor BK ( dihadiri Dirut ) masalah THR ini sempat ditanyakan oleh Ketua Umum SP ke Bapak Ustad yang mengisi ceramah,  dan telah dijawab beliau walaupun THR ini menurut pemerintah hukumnya wajib tetapi menurut agama Islam hukumnya adalah Sunah.

Secara prosedur dalam minggu ini bila diperlukan SP juga akan meluncurkan surat ke pihak manajemen sekedar mengingatkan adanya kesepakatan tentang THR yang sudah tertera di dalam PKB.

 Sekilas info dari infokito adalah sebagai berikut ;

Perusahaan Wajib Bayar THR

Ditulis oleh infokito™ di/pada 31 Agustus 2008

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) akan memberikan sanksi tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak memberikan tunjangan hari raya (THR).

Pengetatan kebijakan Depnakertrans tersebut muncul setelah ada informasi di kalangan perusahaan yang tidak memberikan THR, karena kalangan pengusaha mengaku telah menaikkan upah buruh seperti transpor dan makan menyusul kebijakan SKB lima menteri tentang pengalihan hari kerja dari Senin-Jumat ke Sabtu-Ahad beberapa pekan lalu.

”Bagi perusahaan yang melanggar (tidak membayar THR), akan dikenai sanksi. Ini memang tidak ada kaitanya dengan laporan adanya perusahaan yang tidak membayar THR, karena saya belum ada laporan. Penegasan ini akan dilampirkan lewat surat edaran,” kata Erman Soeparno, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI, usai memberikan pengarahan di acara ‘Forum Konsultasi dan Komunikasi Dewan Pengupahan se-Indonesia’, di Jakarta, Senin (25/8).

Kewajiban pembayaran THR sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. 4/1994, yang salah satu peraturannya menyebutkan pembayaran THR harus dilakukan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum hari raya.

Erman menegaskan, bahwa penerapan upah menjadi sangat penting dalam hal ketenagakerjaan. Untuk itu pemerintah dan dengan dewan pengupahan sedang menggodok formulasi baru mengenai sistem pengupahan yang baru untuk tahun 2009.

Dari formulasi ini diharapkan bisa menjadi dasar penentuan UMR yang lebih proporsional bagi para buruh di daerah.  zak

***Harian Republika

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s