MEMBENAHI PERUSAHAAN

Masa kerja direksi baru sudah mendekati 100 hari, kesibukannya dalam membenahi perusahaan terus berjalan. Mulai dari benahi administrasi perusahaan, benahi fasilitas kantor  sampai dengan benahi SDM.

Setelah cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri nanti hampir dipastikan akan terjadi perampingan struktur organisasi perusahaan. Banyak pejabat yang harus siap siap jadi mantan pejabat. Banyak orang yang tidak biasa ke proyek harus siap bekerja di proyek.

Banyaknya SDM di kantor dengan job yang tidak jelas akan meningkatkan biaya over head. Efisiensi di perusahaan terus digalakkan, disiplin kerja terus ditingkatkan , hak hak karyawan yang tertunda mulai diperhatikan. Harapan dari Serikat Pekerja masalah hak karyawan harus segera tuntas, kalau tidak perusahaan akan menerima akibatnya yaitu mendapat teguran dari dinas terkait atau menanggung tuntutan karyawan / Serikat Pekerja sesuai aturan dan hukum yang berlaku.

PKB ( Perjanjian Kerja Bersama ) antara Serikat Pekerja dengan Manajemen akan  direvisi, draft  usulan revisi PKB oleh pihak perusahaan baru saja diselesaikan.

SP-KKBK pada prinsipnya akan menyikapi usulan perubahan PKB tersebut dengan positip, pengalaman masa lampau harus jadi pelajaran. Pembahasan yang bertele tele akan merugikan kedua belah pihak, karena waktu yang tersita untuk itu lebih baik dipakai untuk menyelesaikan tugas masing masing pihak di perusahaan.

Prinsipnya perubahan yang menguntungkan karyawan akan langsung di akomodir, sedangkan yang merugikan karyawan harus ditolak , Serikat Pekerja berharap pihak manajemen memahami bahwa selama ini karyawan sudah lama menanggung derita akibat mis manajemen , pintu musyawarah selalu terbuka, misal terjadi  dead lock  tak usah berlama lama langsung saja diproses ke tripartit bersama  instansi terkait.

Serikat Pekerja masih yakin bahwa pergantian direksi di BUMN ini bukan untuk menghilangkan jejak atau menghapus dosa direksi sebelumnya dan menimpakan kerugian yang diakibatkannya  ke karyawan, tetapi murni suatu sikap profesional yang penuh tanggung jawab dari pemilik perusahaan ini dalam rangka memajukan perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Seiring dengan pembenahan perusahaan oleh direksi baru ini, Serikat Pekerja juga sedang menyiapkan Mubes ( Musyawarah Besar ) yang Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan November tahun ini, saat itu akan di adakan pemilihan Ketua Umum dan Sekretaris Umum yang baru serta dilanjutkan dengan pembentukan pengurus SP yang baru.

Semoga pembenahan yang sedang berjalan ini akan membuahkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.  Amien.

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s