TELANJANG ITU MEMANG MENARIK

Dari statistik blog kkbk.wordpress.com ini ternyata yang paling sering dikunjungi adalah tulisan  KITA MESTI TELANJANG, yang telah dimuat di blog ini pada tanggal   23 Mei  2008.

 Mengapa bisa  begitu ? . Salah satu penyebabnya kemungkinan besar adalah karena  pengunjung mendatangi blog ini  dengan search engine kata “telanjang” atau  setelah mereka masuk ke blog ini dengan search engine lainnya, kemudian mereka tertarik dengan judul “Kita Mesti Telanjang” yang di ambil dari lagu ciptaan Ebiet G Ade.

Telanjang bisa mengarah ke pornografi atau bisa mengarah juga ke keterbukaan atau kejujuran.

 Fenomena banyaknya pengunjung tersebut menandakan bahwa TELANJANG itu MEMANG benar benar MENARIK perhatian.

Kenapa  bisa menarik ?? . Karena telanjang adalah bentuk suatu keaslian / kepolosan yang  sering ditutupi untuk maksud tertentu, dimana dibalik penutup tersebut bisa tersembunyi suatu keindahan ataupun suatu keburukan.

Inilah yang membuat banyak orang menjadi sangat penasaran dan ingin melihat keindahan yang ditutupi tersebut atau penasaran pingin melihat  orang takut ditelanjangi karena boroknya menjadi  kelihatan.

Telanjang itu memang perlu, karena setiap hari  orang harus  telanjang untuk mandi agar badan bisa bersih dan sehat, bahkan untuk suatu tujuan mencapai kenikmatan batin tertentupun orang harus telanjang.

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbisnis dan bernegara ada istilah “Good Corporate Governance” yang  didalamnya dituntut harus ada unsur transparansi atau keterbukaan.

Keterbukaan atau kejujuran itu memang perlu dan lebih bisa dinikmati dari pada kemunafikan yang banyak terjadi dalam kehidupan di dunia ini.

Di dalam dunia birokrasi, keterbukaan tersebut bisa terbelenggu oleh etika semu, gengsi atau prestasi semu yang sering dipaksakan dalam manajemen birokrat cari selamat , manajemen asal bapak senang dan manajemen asal jadi pejabat terhormat.

Lihatlah para elite berdasi yang terhormat dan bergengsi ketika ditelanjangi oleh KPK, ternyata kebukaklah kebobrokan akhlaknya yang selama ini tertutup oleh jas , dasi, kekayaan  serta kemewahan lainnya.

Ketika blog kkbk.wordpress.com ini terbit dengan gaya keterbukaan yang menampilkan fakta perusahaan BUMN ini ke dunia maya, maka banyak kritik yang langsung masuk ke saya, diantaranya adalah ; Mengapa kita  harus membuka aib perusahaan ? Apakah ini bukannya akan memperburuk kondisi perusahaan dan karyawan ? Apakah tidak ada cara lain untuk penyampaian koreksi ke perusahaan BUMN ini ?

Kritik tersebut saya pahami dan saya hormati, hanya sayangnya kritik tersebut tidak disampaikan atau ditulis langsung dalam komentar blog  yang  terbuka tanpa moderasi ini.

Bagi Serikat Pekerja berjuang dengan keterbukaan itu memang harus dan perlu. Karena tanpa keterbukaan dan kejujuran, penyakit keturunan yang menjangkiti  perusahaan ini tidak akan sembuh. Siapapun dan dimanapun tidak perlu malu dan takut terhadap keterbukaan apa bila  menginginkan kesembuhan atau kesehatan.

Kita tidak perlu malu berada dalam kendaraan yang sakit sepanjang kita tidak ikut andil membuat sakit kendaraan / perusahaan tersebut.

Kita harus bangga berada dalam kendaraan yang telah menghidupi kita ini, dan kitapun harus selalu berjuang bersama untuk ikut memperbaiki kendaraan ini demi kepentingan semua.

Pengelola yang mewakili pemilik kendaraan boleh berganti ganti , sopir kondektur dan kernet boleh berganti ganti, tapi sedikitpun tak ada  hak  bagi mereka untuk mengurangi hak penumpang kendaraan ini, para penumpang harus diantar sampai tujuan.

Yang di atas boleh berpolitis, namun yang di bawah tetap realistis dan harus optimis, sehingga keterbukaan dan kejujuran harus selalu terus dikobarkan untuk melawan kemunafikan.  

Sebenarnya tidak sulit untuk mencapai tujuan, syaratnya sangat sederhana ;  SEMUA HARUS JUJUR DAN PROFESIONAL.

 

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

2 responses »

  1. bramuda maulana mengatakan:

    pak nugroho, saya buka blog bapak, susunan dan lay out nya bagus sekali. Bagaimana Cara menampilkan calender di dalam kotak widget.(Bramuda maulana SMP N 1 Balikpapan)

  2. Nugroho WS mengatakan:

    mas bramuda, trims atas kunjungannya, caranya mudah setelah masuk log ; klik Desain – Widget – Kalender – Simpan Perubahan, Keluar log Selesai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s