PENUNDAAN PEMBAYARAN HAK KARYAWAN

Sehubungan dengan adanya surat pengaduan dari SP-KKBK , N0. 89.5/KKBK-EKS/VI/2008 tanggal 10 Juni 2008 perihal penundaan pembayaran hak – hak karyawan, maka pada tanggal 31 Juli 2008 Direktur Pengawasan Norma Ketenagakerjaan , atas nama Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan DEPNAKERTRANS telah meluncurkan surat kepada Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur yang intinya adalah sebagai berikut ;

<! Pengawas Ketenagakerjaan Jakarta Timur agar melakukan pemeriksaan terhadap permasalahan tersebut dan hal hal lain yang terkait dengan hak-hak normatif.

<! Bila pengaduan itu mengandung kebenaran agar diambil tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada awal Agustus 2008 Sudin Nakertrans Jakarta Timur sudah mengirimkan stafnya ke kantor PT Bina Karya ( Persero ) untuk mengumpulkan data data terkait dengan masalah tersebut di atas.

Semoga segera ada tindak lanjut yang positif dan bermanfaat untuk karyawan dan perusahaan.

Surat pengaduan SP-KKBK tersebut diluncurkan ketika masih periode direksi lama, pada tanggal 14 juni 2008 SP-KKBK juga meluncurkan surat ke Meneg BUMN, kemudian per tanggal 24 Juni 2008 direksi yang baru telah diangkat oleh Meneg BUMN untuk menggantikan direksi yang lama.

Dalam 40 hari pertama kerja direksi baru ini telah dilakukan bedah masalah terhadap perusahaan, masalah masalah warisan akibat mis manajemen dari direksi direksi periode sebelumnya sudah mulai terkuak.

Ini adalah suatu hal yang sudah biasa dilakukan setiap setelah ada pergantian direksi, yang aneh tapi nyata dan dianggap biasa adalah direksi sebelumnya ( yang meninggalkan masalah ) selalu bebas dari masalah, sedangkan karyawan dan perusahaanlah yang selalu menanggung masalah.

Dalam rapat umum pengurus SP-KKBK dengan anggota pada akhir Juli 2008 lalu, disimpulkan kesalahan direksi direksi sebelumnya tersebut tidak terlepas dari lemahnya dukungan dari pejabat pejabat dibawahnya ( terutama pejabat yang ABS ).

Permasalahan yang ada selama ini adalah akibat dari kesalahan system demikian komentar yang pernah dilontarkan oleh direksi baru , tapi menurut SP-KKBK  permasalahan tersebut adalah akibat karena selama ini system dan pedoman perusahaan yang ada tidak pernah dilaksanakan oleh manajemen dengan sepenuhnya.

Salah satu masukan SP untuk bekal direksi baru menjalankan tugasnya adalah ; saat pelaksanaan restrukturisasi dan perampingan organisasi perusahaan yang terlalu gemuk ini disarankan agar direksi memilih orang orang yang betul betul profesional untuk duduk membantu manajemen.

Dalam periode 40 hari kerja direksi baru ini, sebagian hak karyawan yang tertunda sudah mulai dicicil lagi oleh perusahaan.

SP-KKBK berharap dengan kerjasama yang baik antara karyawan dan manajemen , dengan tidak mengulangi kesalahan seperti yang pernah diperbuat oleh manajemen sebelumnya maka perusahaan ini Insya Allah akan bangkit menjadi perusahaan yang sehat.

Dari data pengamatan SP-KKBK kinerja buruk manajemen selama ini agak tertolong oleh adanya kinerja yang baik dari para tenaga profesional perusahaan yang sedang bekerja di proyek proyek yang sedang ditangani  di lapangan.

Dalam waktu dekat ini SP-KKBK bersama direksi diusahakan akan menyempurnakan PKB ( Perjanjian Kerja Bersama ) yang ada.

Semoga PKB menjadi semakin membaik dan yang lebih penting lagi permasalahan hubungan industrial yang ada diharapkan agar selalu bisa segera direalisasikan sesuai PKB yang sudah disepakati.

Selamat berbenah dan selamat bekerja, semoga berhasil.

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

One response »

  1. […] public links >> hak NEW MAX PAYNE MOVIE TRAILER Saved by ThePwnyExpress on Fri 03-10-2008 PENUNDAAN PEMBAYARAN HAK KARYAWAN Saved by Sunchoke on Thu 02-10-2008 A1GP’s Rumorville and Season Preview Saved by ericgunther […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s