BUMN harus berani benahi Direksi 

yang tidak merealisasikan PKB.

 

Kementerian Negara BUMN akan mengevaluasi Perjanjian Kerja Bersama ( PKB ) di sejumlah badan usaha milik negara ( BUMN ), pasalnya beberapa BUMN terindikasi lebih mementingkan keuntungan karyawan ketimbang negara sebagai pemegang saham utama, demikian yang diberitakan di Media Indonesia 7 Juli 2008 yang lalu.

Langkah yang menurut Sekretaris Menteri Negara BUMN Muhammad Said Didu bukan bermaksud untuk mengurangi kesejahteraan karyawan tersebut, memang perlu didukung sepanjang masih sesuai dengan kebijakan sistem remunerasi SDM BUMN yang transparan, adil, kompetitif dan terukur.

Namun perlu diperhatikan tidak semua PKB menguntungkan karyawan, banyak PKB yang cenderung merugikan karyawan sehingga proses penandatanganannya tertunda berbulan bulan sampai harus melalui pihak ketiga yaitu Depnakertrans.

Kementerian Negara BUMN juga harus memperhatikan karyawan BUMN yang juga menjadi bagian dari rakyat Indonesia. Banyak PKB yang sudah disepakati oleh Manajemen dan Serikat Pekerja tetapi giliran hak karyawan diminta sesuai PKB, hak tersebut  tidak segera direalisasikan oleh perusahaan dengan berbagai macam alasan. Untuk yang ini  Meneg BUMN harus tegas dan berani benahi Direksi BUMN yang tidak mengindahkan PKB yang telah disepakati bersama.  Saat ini ada karyawan BUMN yang belum terima uang pensiun / pesangon bahkan yang gaji bulanannya belum dibayarpun banyak. Pada hal dikesempatan pertemuan dengan Serikat Pekerja BUMN, Said Didu secara jujur mengakui bahwa BUMN itu pemiliknya abstrak sehingga rasa memiliki perusahaan ( sense of belonging ) pengelolanya tidak setinggi yang dimiliki karyawannya, ini wajar sekali karena komisaris dan direksi rata rata bertugas di suatu BUMN cuma 5 (lima) tahun, sedangkan karyawan bekerja sampai dengan pensiun.

Mudah mudahan evaluasi PKB tersebut benar benar berpihak untuk kesejahteraan rakyat, termasuk  berpihak ke pada rakyat yang kebetulan mengabdi di BUMN.

 

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s