ADAPTASI SANG DIREKSI BARU

Dengan diangkat nya direksi baru PT Bina Karya ( Persero ) menggantikan direksi lama pada tanggal 27 Juni 2008  , maka timbullah suatu harapan baru buat seluruh karyawan BK yang selama ini menunggu perubahan perusahaan dan kesejahteraan karyawan untuk menuju ke tingkat yang lebih baik.

Direksi baru tidak mungkin dalam waktu singkat langsung bisa segera menumbuhkan perubahan pada perusahaan konsultan BUMN ini, perlu adaptasi dan pengenalan yang mendalam terhadap kondisi yang ada lebih dahulu kemudian baru mengadakan perubahan / kemajuan perusahaan.

Walaupun salah satu dari tiga direksi tersebut adalah orang lama ( direksi lama ) ini bukan jaminan untuk mempercepat waktu untuk adaptasi sang direksi yang betul betul masih baru. Hal ini disebabkan karena mantan direksi lama yang menjadi bagian dari tim direksi baru secara langsung juga ikut bertanggung jawab terhadap kegagalan tim direksi sebelumnya yang telah membuat perusahaan ini bermasalah, selain itu faktor lain yang mempengaruhi waktu untuk adaptasi ini adalah dua direksi yang betul betul baru ini berasal dari profesi kontraktor ( bukan profesi konsultan ).

Secara manajemen untuk mengurusi suatu bisnis perusahaan entah itu kontraktor atau itu konsultan sebenarnya tidak banyak berbeda, yang diurusi adalah pengelolaan SDM, Logistik/Peralatan,  Marketing, Produk,  Administrasi/Keuangan, mulai dari plan, do, controle, action,  ditambah sentuhan inovasi , efisiensi dll, semua tetap sama  ujung ujung nya  yaitu untuk mendapatkan profit/keuntungan bagi  perusahaan dan kesejahteraan karyawan.

Di bidang jasa konstruksi  omzet  yang dikelola oleh kontraktor jauh lebih besar dari omzet yang di kelola oleh konsultan, untuk suatu pekerjaan konstruksi nilai rupiah yang dikelola konsultan hanya sekitar 2 sampai 6 persen dari nilai konstruksi secara keseluruhan.

Omzet di dunia kontraktor mayoritas berasal dari bahan/material konstruksi, sedangkan omzet di dunia konsultan 60 persen berasal dari remunerasi untuk SDM ( biaya langsung personil ).

Jika manajemen kontraktor ibaratnya sopir bis atau sopir truk, maka manajemen konsultan adalah sopir ojek sepeda motor. Mahir mengendarai kendaraan besar tidak dijamin segera bisa ngebut pakai kendaraan kecil.

Pengalaman menyelesaikan masalah besar memang akan mudah dan nyaman bila dipakai untuk menyelesaikan masalah kecil, tapi pengalaman  mengelola uang besar bukan berarti akan semakin nyaman bila mengelola uang kecil. 

Semua yang telah disebutkan tersebut di atas adalah faktor faktor yang akan menentukan lamanya tim direksi baru untuk beradaptasi.

Secara teori  dalam hal peningkatan kinerja perusahaan BUMN melalui pergantian manajemen ,  tentunya programnya telah disiapkan secara matang dan tidak mungkin asal asalan, paling tidak calon direksi maupun tim penyaring ( fit and propper test ) sudah paham betul dengan kondisi perusahaan yang akan dibenahinya.

Faktor blunder yang akan berdampak negatip  adalah jika kaidah  profesional dalam penentuan direksi tersebut telah dilanggar atau informasi yang sampai ke atas tentang kondisi  perusahaan yang akan di benahi ini tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya ( ada yang ditutupi ).

Pada kondisi normal masa idah manajemen baru adalah 100 hari kerja, di mana dalam periode tersebut diharapkan sudah  membuktikan  langkah positipnya, sedangkan dalam kondisi darurat hitungan harinya akan semakin pendek  ( Sampai hari ini sudah memasuki hari ke 15, belum ada tanda tanda nyata yang bisa dilihat dan dirasakan oleh karyawan ).

Ibaratnya untuk mengatasi orang yang sudah megap megap mau tenggelam  di sungai, tidak perlu lagi lepas baju atau lepas celana lebih dahulu, tetapi harus segera langsung loncat ke air.

Bahkan tidak perlu teriakan keras dari pinggir sungai seperti ini ; “sabar ya kita lagi cari pelampung dan lagi panggil tim SAR “.

Apa bila sudah paham benar dengan kondisi sebenarnya perusahaan konsultan BUMN ini, maka tim atau pasukan  yang diterjunkan oleh Meneg BUMN pasti adalah tim SAR, bukan seperti yang sudah sudah  yaitu tim perenang yang sangat pintar menyelam sambil minum air, atau yang tidak bisa berenang tapi bisanya jongkok saja sambil menguras air.

Namun kita harus tetap optimis dan berani berubah, kata orang bijak asal mau bekerja keras bersama dengan benar KITA PASTI BISA.

Semoga berhasil dan sukses selalu, Amien Amien Amien.

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s