SELAMAT JALAN DIREKSI PT BINA KARYA ( Persero )

Beginilah kira kira yang di ucapkan dalam hati oleh banyak karyawan di PT Bina Karya ( Persero ).

Kenapa mereka harus mengucapkan itu ?  

Apakah karena pada bulan Juni 2008 ini Direksi PT Bina Karya ( Persero ) akan diganti dengan yang baru ?

Bukan itu masalahnya, pergantian Direksi bukanlah urusan karyawan atau Serikat Pekerja , itu adalah kewenangan dan urusan pemegang saham / pemerintah yang dalam hal ini  diwakili oleh Meneg BUMN.

Masalahnya adalah kurang mampunya Direksi tersebut dalam mengatasi permasalahan perusahaan, sehingga telah membuat karyawan menjadi semakin tertimpa masalah.

Siapapun Direksi nya kalau tidak punya niat ingin mensejahterakan karyawan, pasti akan menerima ucapan SELAMAT JALAN.

Dalam pertemuan rapat dengan wakil karyawan ( SP KKBK ) akhir tahun 2007 yang lalu, dengan mantapnya direksi telah menjanjikan akan melunasi hak hak karyawan ( yang menjadi tanggung jawab perusahaan ) pada kwartal 1 ( satu ) awal tahun 2008 ini.

Sampai dengan menjelang akhir kwartal 2 ( dua ) tahun 2008 ini hak tersebut bukannya sudah dilunasi, tetapi karyawan malah dibebani dengan masalah baru yaitu penggajian yang terlambat.

Masalah tersebut secara langsung akan mempengaruhi kinerja para karyawan baik yang di kantor ataupun  yang sedang bertugas di proyek proyek.

Ucapan SELAMAT JALAN DIREKSI itu bukan bermaksud untuk MINTA DIREKSI MUNDUR,  itu adalah suatu harapan ke pada Direksi yang sedang bertugas ( Ir Minny Sulistiowati MM dan Ir HS Arief MBA ) agar lebih bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya, tidak sekedar menikmati gaji sambil menunggu masa penugasannya dari pemerintah selesai.

No action , no expression , no decision , only he he he , demikianlah kesan yang pernah terlontar dari salah satu client perusahaan (“memalukan”, kata karyawan yang dengar ini).

Dari pengalaman di BUMN konsultan ini, terkesan DIREKSI umumnya hanya CARI SELAMAT  sampai dengan diganti oleh  yang lain.

Yang rada aneh  adalah fakta di mana direksi  yang meninggalkan masalah ( kerugian perusahaan ) tidak pernah  ada tindak lanjutnya  dari pemerintah.

Suatu badan usaha boleh hancur karena kalah bersaing bisnis secara profesional di lapangan, namun sangatlah ironis kalau suatu badan usaha hancur oleh tidak  profesionalnya para pengelolanya.

Semua DIREKSI akan meninggalkan perusahaan ini, 

SELAMAT JALAN  ………..  dan semoga para karyawan  diberi ketabahan dalam menghadapi berbagai masalah yang ditinggalkannya ………. Amien Amien Amien.

 

BRAVO BUMN  !!!

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

One response »

  1. Adi N mengatakan:

    Nice Blog
    Please Visit Me back

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s