KITA MESTI TELANJANG

Kita mesti telanjang ………. dan benar benar bersih ………..  suci lahir dan di dalam batin.

Demikianlah awal lagu UNTUK KITA RENUNGKAN ciptaan musisi senior Ebiet G Ade.

Demikian juga bagi Perusahaan Konsultan BUMN PT Bina Karya ( Persero ) ini kalau mau berbenah diri, harus berani menelanjangi diri ( introspeksi ) kemudian baru membenahi segala kekurangan yang ada dengan cara profesional agar Perusahaan milik Negara Indonesia tercinta ini tidak semakin terpuruk, dan bisa bangkit menjadi perusahaan yang menguntungkan negara baik secara langsung maupun tidak langsung serta bisa menjadi perusahaan yang  membuat karyawannya hidup sejahtera.

Kata “telanjang” sepintas terkesan seperti sesuatu yang tidak sopan atau tabu untuk diucapkan. Menelanjangi diri jika dibandingkan dengan menelanjangi orang lain adalah sesuatu yang mudah tetapi sangat sulit untuk dilakukan ( perlu keberanian dan kejujuran ).

Berbenah diri dalam suatu perusahaan , bisa dimulai dari masing masing personil di perusahaan , diawali dari mencari kekurangan yang ada pada diri sendiri, bertanya pada diri sendiri “ apa sajakah yang telah kuberikan dan kuperbuat untuk perusahaan selama ini ? “  dan  “apa sajakah yang telah kudapat dari perusahaan selama ini ?”  serta  “apa sajakah  bersama perusahaan yang telah kita sumbangkan untuk kepentingan orang banyak dan negara ???”

Dari diri sendiri masing masing itu saja tidak cukup, karena dalam suatu perusahaan ada suatu sistem pengelolaan (manajemen ) , justru yang akan lebih menentukan dalam berbenah diri nanti adalah kemampuan dan kemauan dari personil yang duduk di manajemen.   

Historical Data

Sejarah perjalanan  perusahaan adalah guru yang terbaik untuk bahan berpikir ke depan yang lebih baik.

Dari data pengalaman perusahaan ( Historical Data ),  pengalaman kesuksesan yang pernah diraih banyak yang bisa diambil untuk dijadikan acuan menuju kelangsungan hidup perusahaan yang semakin membaik. Dan yang lebih penting lagi kegagalan dan kesalahan kesalahan di masa lampau adalah pengalaman mahal yang harus dijadikan peringatan untuk tidak di ulang ulang lagi.

Untuk itu kita harus berani menelanjangi diri , melihat penyakit yang ada dalam diri kita , yang selama ini tertutup oleh pakaian kesopanan yang semu ( etika palsu, gengsi perusahaan pemerintah, laporan ABS, manajemen cari aman, kemunafikan, kebocoran / un efisiensi dll ).

Data secara pandangan umum adalah sebagai berikut ;

Perusahaan konsultan aset utama nya adalah SDM tenaga ahli profesional, di mana SDM tersebut kalau tidak dikelola dan dipelihara dengan baik bisa lari ke perusahaan lain atau menjadi konsultan perorangan.

Karena BUMN, dimana Pemerintah sebagai pemiliknya memiliki banyak faktor yang bisa mempengaruhi perjalanan perusahaan, maka perusahaan ini kurang bisa  profesional sebagaimana mestinya.

Secara periodik ( tiap 5 tahun ) Komisaris dan Direksi diganti , jarang di lakukan penggantian sebelum waktunya karena akibat penilaian kinerja direksi.

Komisaris hampir selalu di isi dengan pejabat yang sudah punya tanggung jawab ( Jabatan ) di Pemerintahan, mungkin perlu tambahan Komisaris yang independent  sehingga kinerja direksi yang diawasi betul betul bisa semakin meningkat.

Pengangkatan pejabat di lingkungan perusahaan yang tidak selalu mengikuti suatu prosedur karier planing.

Kurangnya rotasi, mutasi, dan regenerasi para pejabat dan kurangnya pembinaan terhadap SDM tenaga ahli Proyek.

Sistem penggajian yang  berkiblat ke pemerintah ( PNS ) , padahal di PNS umumnya dana untuk penggajian sudah di anggarkan, sedangkan  di dunia usaha jasa konsultansi dana  untuk penggajian harus di cari dengan berusaha ( mendapatkan proyek dulu ).

Menurunnya disiplin dan kinerja karyawan akibat menurunnya kewibawaan direksi.  

Dan masih banyak lagi yang harus di ungkap dan di telanjangi diri demi masa depan yang lebih baik.

  

Solusi

Setelah kita telanjang dan setelah kita tahu segala kekurangan dan kelebihan kita, adalah bukan hal yang sulit lagi untuk mendapatkan solusi untuk berbenah diri.

Banyak buku, banyak pakar, banyak contoh contoh di lapangan untuk dijadikan acuan, tetapi masalah pembenahan perusahaan ini bukanlah hal yang perlu di pikirkan berlama-lama seperti halnya suatu proyek penelitian, ibarat sebuah kapal yang lagi bocor perusahaan ini harus tetap terus berlayar …… kalau tidak …… kapal ini pasti akan segera tenggelam.

Secara teknis , pemecahan suatu masalah sudah menjadi bagian dari tugas tugas konsultan dalam melayani para pengguna jasa di lapangan.

Paling utama adalah diperlukan suatu keberanian pengambilan keputusan yang tepat dan benar dari yang berwenang, bukan sekedar keputusan dari seorang birokrat yang takut kehilangan jabatan, tetapi suatu keputusan yang “risktaker” dan bertanggungjawab.  

Selamat telanjang dan berbenah diri, semoga tidak masuk angin ……. terutama angin surga !

 

Bravo BUMN

 

 

 

 

 

 

 

 

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

One response »

  1. Nugroho WS mengatakan:

    Dalam artikel ini ( 23 Mei 2008 ) komisaris yang di sono nya sudah punya jabatan ( merangkap disini ) sudah sedikit disinggung.
    Dua minggu kemudian ( awal Juni 2008 ) KPK , Men Keu dan Men PAN telah MENELANJANGI tentang JABATAN RANGKAP KOMISARIS di BUMN.
    Berikutnya di ikuti oleh mundurnya banyak komisaris dari BUMN.
    Ternyata TELANJANG DIRI demi kebaikan ke depan ITU PERLU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s