BEDAH MASALAH untuk PT BINA KARYA ( Persero )

 

Masalah ???   Semua orang yang hidup ini pasti akan mengalami  suatu masalah, namun yang penting adalah bagaimana cara menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah ( ini adalah slogan BUMN Pegadaian ).

PT Bina Karya ( Persero ) sedang ber masalah ??? ya wajar lah karena sebagai perusahaan BUMN yang sering berganti-ganti pengelolanya di mana Pemiliknya adalah Pemerintah yang juga sering berganti-ganti kebijakannya.

Tidak fair lah kalau weblog yang mengatas namakan Serikat Pekerja ini harus selalu memojokkan manajemen , tanpa menyumbangkan pemikiran untuk menyelesaikan masalah.

Adalah betul betul sangat konyol lah, apa bila perusahaan konsultan yang bisnisnya jual jasa pemikiran kepada pihak pengguna jasa ini tidak mampu memikirkan dan menyelesaikan masalah yang di alaminya sendiri.

Dokter boleh sakit dan untuk menyembuhkannya  kadang perlu Dokter lain , tapi adalah sangat konyol kalau sudah tahu punya penyakit malah membiarkan penyakit tersebut semakin menjalar.

Mengobati penyakit banyak caranya, dari obat generik sampai dengan obat paling mahal, dari bedah lokal , bius lokal, bedah besar, bius total sampai dengan amputasi, yang penting bisa selamat,  kembali sehat dan bermanfaat.

Di Perusahaan ini sebenarnya banyak celah untuk jalan menuju bedah masalah, diantaranya adalah SDM, Keuangan, Methode pengelolaan, Organisasi , Aturan main perusahaan, Bisnis Plan  dan lain lain.

Celah SDM ( Sumber Daya Manusia ), SDM Komisaris, SDM Direksi, SDM Pejabat, SDM Karyawan, diperlukan penempatan SDM yang tepat dan sesuai dengan kemampuan profesionalnya.

Celah Organisasi, pembenahan menuju Organisasi Perusahaan yang paling efisien dan sesuai situasi kondisi yang ada di lapangan.

Celah Keuangan, diperlukan suatu rencana cash flow keuangan perusahaan yang harus disusun dan dilaksanakan secara profesional.

Diperlukan keseriusan dan tanggung jawab yang besar dari pengelola perusahaan.

Dan masih banyak celah celah yang lain yang bisa digunakan sebagai jalan menuju bedah masalah.

Untuk bedah masalah ini siapakah  yang harus memulai ???  Siapakah yang berwenang memulai ???  Siapakah yang mampu dan berani memulai ???

Tanpa ada yang memulai atau mengawali bedah masalah, maka masalah ini akan tetap menjadi semakin bermasalah.

Atau mungkinkah memang ini yang diharapkan banyak orang ??? Menikmati hidup yang penuh dengan masalah ???

Atau  justru karena dengan adanya masalah ini diantara mereka malah ada yang bisa menikmati tanpa peduli kalau ada orang lain yang menderita  ???

Kita tunggu bukti nya, bahwa perusahaan ini benar benar bukan perusahaan negara yang memang penuh dengan ke konyolan.

Sangat di sayangkan , pada hal perusahaan ini sangat banyak memiliki tenaga ahli profesional yang sedang bertugas di lapangan untuk membangun negeri tercinta ini.

Bravo BUMN    

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

3 responses »

  1. KDN mengatakan:

    Ya memang konyol, ada dokter tapi tidak mau atau tidak berani mengobati karena toh bila si dokter mau menawarkan jasanya untuk mengobati sang pasien sepertinya tidak mau diobati. Pasiennya mungkin takut pil apalagi sampai tindakan operasi dan amputasi itu merupakan metode kuratifnya. Karena dengan adanya penyembuhan penyait itu barangkali dikawatirkan malah ada accessible yang terputus bahkan mati. Sehingga para dokter, dukun, mantri, bidan serta tukang santet bidang manajemen hanya berbagi wacana saja dalam metode penyembuhan penyakit itu. Wah embulah ini hanya tanggapan saya yang ngawur saja.

  2. suherwan mengatakan:

    Sebenarnya aku mau komentar panjang tapi kayaknya Kementerian BUMN sudah berpikir lebih jauh bagaimana harus memperlakukan BK. Semester II tahun ini menjadi prioritas menangani BUMN Perkebunan dan BUMN Karya. Semoga aja apa yang dilakukan oleh Kementerian bisa membuat nasib karyawan menjadi lebih baik.

  3. Nugroho WS mengatakan:

    P Herwan, saya sarankan tulis saja komentarnya atau saran sarannya demi perbaikan BK , karena saya melihat anda sepertinya masih meragukan kemampuan Meneg BUMN.
    Berilah contoh pada teman teman dari BK yang lain, karena banyak yang sudah baca blog ini tapi nggak pada berani komentar. …… mungkin takut sama atasannya kali ??? Atau memang seperti yang diduga Pak KDN …… ada oknum yang tidak menginginkan perbaikan, karena akan merugikan posisinya yang sudah ke enak an ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s