Kalau mendengar kata kata Universitas BK orang langsung berpikir ke Universitas Bung Karno, pada hal yang saya maksud di sini adalah Universitas Bina Karya yang statusnya tidak pernah terdaftar tapi telah mencetak alumni alumni yang Profesional yang langsung siap menghasilkan ( bukan sekedar siap pakai ).

Karyawan karyawan PT Bina Karya ( Persero ) dalam  perjalanan kariernya   telah mendukung kemajuan  perusahaan yang awalnya cuman punya omset ratusan juta rupiah per tahun sampai dengan sekarang yang  menjadi puluhan milyar rupiah pertahun.   

Karyawan karyawan tersebut yang awal nya memulai dari posisi asisten tenaga ahli , karena pengalaman kerjanya selama bernaung di Bina Karya akhirnya mereka pada  berkembang menjadi tenaga ahli yang senior, selain berbekal jam terbang di proyek proyek mereka juga memiliki ketrampilan tambahan dari kursus / pendidikan yang secara langsung maupun tidak langsung didukung oleh perusahaan. Bahkan banyak di antara mereka juga telah dikirim ke luar negeri untuk mendapatkan peningkatan keahlian maupun pendidikan.

Dengan dinamika gaya manajemen BUMN konsultan Bina Karya ( gaya lurus/miring , putih/abu-abu ) yang secara periodik bisa berubah mengikuti  direksinya yang sedang berkuasa, maka karyawan profesional tersebutpun menjadi semakin matang dan semakin meningkat kualitas kinerjanya.

Karena konsultan BUMN dituntut menguntungkan Negara maka untuk mencapai profit yang harus dicapai perusahaan harus berhemat pada pengeluaran-pengeluarannya, termasuk pengeluaran untuk imbalan jasa ( gaji ) kepada karyawannya.

 Akibat hal tersebut di atas ( kurang memadainya gaji ) ditambah tuntutan kebutuhan hidup di ibukota, maka karyawan tersebut mulai melirik pekerjaan pekerjaan di luar PT Bina Karya yang bisa disambil dengan tanpa terlalu mengganggu pekerjaannya di Bina Karya.

 Peningkatan kemampuan karyawan profesional tersebut tidak bisa di imbangi oleh perusahaan dengan kemampuan  dalam pemberian imbalan gaji yang pantas untuk seorang yang profesional, maka terjadilah exodus beberapa karyawan ke perusahaan lain.

Hampir seluruh karyawan yang keluar sebelum pensiun ini, di luar sana banyak mendapatkan posisi yang lebih bagus dibandingkan saat di Bina Karya, ada yang menjadi advisor , tenaga profesional , direktur konsultan/kontraktor swasta maupun investor.

Menanggapi hal ini banyak yang “pro” maupun “kontra” terhadap pilihan  “setelah profesional harus meninggalkan perusahaan yang telah membantu membesarkannya”  .

Ada yang bilang itu tindakan penghianat , karena perusahaan yang mulai terpuruk ini butuh orang orang yang profesional khususnya orang dalam untuk memperbaiki perusahaan. Pendapat seperti ini juga ditentang karena untuk memperbaiki perusahaan tidak bisa mengandalkan hanya pada orang orang teknik profesional sepanjang para pengambil keputusan yang ada di atas punya pandangan dan misi yang berbeda.  Sistem manajemen konsultan BUMN harus berani berbenah  diri dengan meniru manajemen perusahaan swasta yang berhasil.

Banyak pula yang mendukung pendapat bahwa pilihan meninggalkan kantor itu lebih mulia dari pada memilih mengais rezeki di kantor dengan cara “unprofesional”, di indikasikan memang ada beberapa karyawan yang peningkatan profesionalnya tidak sedikitpun dilirik/didukung oleh perusahaan ( kurang diberikan kesempatan ).

Akhirnya lahirlah …….. alumni alumni ….. Universitas BK ….. yang siap menghasilkan , dan ditampung oleh orang lain ( dengan tanpa membesarkan ).

Tapi Alhamdulillah karena hubungan yang erat antar para karyawan selama ini  , teman teman yang telah menjadi alumni tersebut masih siap dan selalu membantu Bina Karya / orang-orang Bina Karya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Salam hangat untuk semua, Nugroho WS

About Nugroho WS

KORPS KARYAWAN BINA KARYA ( KKBK ) , adalah Serikat Pekerja PT Bina Karya ( Persero ) yang didirikan tanggal 31 Maret 1999 dan telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 250/OP.SP BPU/DFT/03/IX/99, beralamat di Jalan DI Panjaitan Kav. 2 Cawang Jakarta Timur.

3 responses »

  1. eko supoyo mengatakan:

    assalamu,alaikum,
    salam dari kawan2 di gorontalo, syukurr mau nengok apa yang kami kerjakan disini? yaah… mungkin kami karena cuma kontrak-an maka nggak dianggap sebagai keluarga besar bina karya? kami semua ngrumangsani kalau cuma layaknya pengamen yang ikut kemana angin bertiup …. he he he
    merdeka !!!

  2. Joko Cahyono mengatakan:

    Salam Untuk Semua Rekan Rekan
    MERDEKA!!!! BUNG

    Wah….100% betul, Pak Nug….Tidak satupun proyek yang saya rintis bersama teman-teman dari Jepang yang ngak mengikutsertakan PT.BK…meski porsinya tidak besar ..tapi juga tidak kecilkan??..Alhamdullillah, amin.

    Thanks Pak Nug…anda sudah membantu….turut survei persiapan satu proyek dimuka…..kita doakan semoga terealisir….dalam waktu dekat…Insya Allah.

    Jangan kuatir…mereka yang diluar tetap ingat PT.BK kok…

    Joko Cahyono
    Salam buat;
    Mr. Diky di Proyek Bawakaraeng (Sulsel)…semoga jadi Sabo Engineer yang handal……Never 2 Late 2 Study!!!!
    Mr. Suherwan…kalau BR samadengan 10 thn yang lalu….don’t be sad…next time we make negosiation more better for you….success!

  3. nugroho ws mengatakan:

    P Eko , insya Allah kita pasti nengok temen temen yang ada di Gorontalo,
    sekarang saya sudah mulai nyelengi duit biar bisa nyampai sana.
    Bulan kemarin saya cuma sampai Makassar ada part timer an bantu UNHAS dan PCI Jepang.

    Semua yang berhubungan dengan BK adalah Keluarga Besar, malah yang paling besar dan nggak ribet kebanyakan adalah temen temen kontrak di lapangan.

    P Eko sudah pernah ketemu P Joko Cahyono belum ?? Beliau ini juga orang bulaksumur, beliau masih lima tahun lagi bertugas nemani mbah Marijan di G Merapi sampai tahun 2012.

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s